JOSE MUJICA PRESIDEN TERMISKIN DI DUNIA


Kita semua tahu sebagian besar politisi dimanapun dia berada, biasanya memiliki gaya hidup yang berbeda 180 derajat dengan rakyat pemilihnya. Tinggal di rumah mewah, pakaian mahal, mobil mewah, dan gaji besar. Namun semua itu berbanding terbalik dengan seorang Presiden yang memimpin Uruguay, dialah Jose Alberto Mujica Cordano. Sejak dilantik menjadi presiden pada 2010 lalu, politisi berusia 77 tahun ini layak mendapat gelar presiden termiskin di dunia.

Pria ini mendonasikan 90 persen gajinya setiap bulan, yaitu 12.000 dollar AS atau hampir Rp 120 juta, untuk berbagai kegiatan amal. Tak hanya itu, ia juga menolak tinggal di kediaman resmi kepresidenan di ibu kota, Montevideo. Mujica lebih memilih tinggal di tanah pertanian di luar ibu kota, tanpa penjagaan ketat pasukan elite kepresidenan hanya dua polisi yang selalu setia menemani. Di pertaniannya itu, Mujica dan istrinya bahkan menanam sendiri bunga-bunga yang menjadi tambahan pemasukan baginya.

“Hampir seluruh hidup saya habiskan dengan cara seperti ini. Saya bisa hidup baik dengan apa yang saya miliki saat ini. Mungkin saya disebut presiden termiskin di dunia, tetapi saya tak merasa miskin. Orang miskin adalah mereka yang bekerja hanya untuk menjaga gaya hidup mewahnya dan selalu menginginkan lebih,” ujarnya berfilosofi. Dengan mendonasikan sebagian besar gajinya sebagai presiden untuk rakyat miskin dan pengusaha kecil, maka setiap bulan Mujica hanya menerima kurang dari Rp 800.000. (KF-EDU/Vey/Viva) |Follow KF di Twitter: @koranfesbuk

Sumber : http://www.facebook.com/photo.php?fbid=10151295497087491&set=a.126402447490.103582.121994582490&type=1&theater
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: