Curhatan pemuda masa kini

Oleh : Aris Salaman Faris

Anak muda zaman sekarang banyak yang egois hanya memikirkan diri sendiri, mereka tidak ingin mengetahui dan melirik lingkungannya,. banyak yang tidak suka dengan nilai-nilai agama dengan mengatkan “itu bukan urusan saya tapi itu adalah urusan para ustad, kyai dan mereka yg lebih mengerti”, banyak yang tidak suka terhadap politik dengan mengatakan “maaf saya tidak mengerti soal itu, dengan bangganya”,. padahal mereka itu adalah kaum terdidik mereka bersekolah tinggi, mahasiswa, mereka pintar,.tapi ironis sekali, rasio mereka tidak searah dengan rasa peduli terhadap agama dan politik.

kalau begitu, jujur saya katakan kalau mereka adalah munafik,. berkata sayang terhadap diri sendiri, berkata sayang terhadap keluarga, berkata sayang terhadap lingkungan, dan berkata cinta tanah air,.cuiihhh itu semua nol besar cuma omdong dan bualan saja…

Jujur saya bukan orang yang ahli dalam agama dan saya bukan juga politikus,.tetapi saya sama seperti anda, tidak begitu mengerti soal agama dan politik,.tapi saya mencoba untuk memahami itu, karena saya yakin dengan kita mengerti dan ikut action dalam bidang agama dan politik meskipun dalam hal-hal yang sangat sangat kecil dan sederhana, itu sudah merupakan bukti nyata cinta terhadap diri, keluarga, lingkungan dan terlebih kpda tanah air..

Kita sebagai anak muda merupakan generasi penerus umat, masa kita ga mau tau soal perkembangan umat, gmna mau jadi generasi yang handal kalau demikian, apakah kita rela melihat anak turunan kita bodoh, apakah kita rela melihat anak turunan kita ga ngerti Islam, apakah kita rela melihat anak turunan kita ga ngerti politik sehingga dikuasai oleh bangsa asing, apakah kita rela melihat para pemimpin kita makanin duit kita…

Hey anak muda emang kalian ga lihat ya, noh banyak tawuran, noh banyak kejahatan, noh banyak anak yg bunuh ortunya, noh banyak aliran sesat, noh banyak yg ga tau Islam,  noh banyak SDA kita yang di curi bangsa asing, noh banyak buah pikir kita yang disadap bangsa asing, noh banyak para pemimpin kita yang rakus kaya babi koruptor. dmna harga diri anda sebagai pemuda, anda jangan egois, INGAT ANDA AKAN PUNYA KETURUNAN,.

ok silahkan anda sukai dan gemari hobi anda karena memang itu adalah potensi  yang harus dikembangkan demi kemajuan anda apapun itu asal positif, tapi tolong dong lirik juga perkembangan lingkungan kita,.ya mulai hal-hal kecil misal : ikut pengajian, sering baca artikel, baca berita, sharing sama org yang ngerti, dll.. jangan yang di gedein tuh style mulu, gaya mulu, dandan mulu, maen mulu, jajan mulu, pacaran mulu, kerja mulu. sebenarnya itu ga masalah asal seimbang dengan pemahaman agama dan politik kita, hilangkan kata “mulu“nya. saya pun suka maen, suka style, suka jajan, foto2, bahkan saya tukang becanda, dll, karena saya juga ga mau galau,. sok anda hapy hapy dan semoga saya dan anda menjadi orang yang selalu senanng riang gembira,.namun walau demikian jangan kita mengisolasi diri dengan tidak mau memahami agama dan politik,.ya minimal tau ga harus ngerti. jangan dikit-dikit di broadcast dan di share soal agama soal politik marah, risih, galau,dll. Ayo tunjukin dong kalau anda care terhadap lingkungan anda dengan berkontribusi nyata untuk selalu berbagi informasi.

Terkadang ada juga pemuda yang setelah menerima informasi tentang agama atau politik, lalu dia mengatakan “yang penting kita aja idup yg bener ga usah sok urus-urus urusan orang, perbaikin diri aja sebelum liat orang, soal ini kita serahin aja sama orang yg lebih ngerti” .. amboooyyyy gilaa tuh orang emangnya lu cuma mau jadi penonton ya,. terus kalau lu punya musibah lalu perlu bantuan org lain dan org lain itu mengatakan “maaf itu urusan anda, saya tidak berkepentingan”,.buahahaha makan tuh. Ok asya setuju dengan perkataan “yang penting kita idup yg bener, perbaikin diri aja sebelum liat orang” tapi kan alangkah lebih baiknya kalau perbaikan diri itu dibarengi dengan tindakan nyata terhadap lingkungan,.coba deh anda berpikir logis,. anda bisa “a” karena lingkungan “a”, anda bisa “b” karena lingkungan “b”, anda bisa “c” karena lingkungan “c”,dst… so,.kalau lingkungan anda antahbarantah ga karuan,. moto anda “perbaiki diri” itu susah atuh euy terealisasinya, dan apakah anda tidak akan care terhadap lingkungan anda sebelum anda menjadi orang yang benar2 baik,.buahahaha keburu jenggotan nih lingkungan nunggu rasa kepedulian anda. Tong balaga uy hirup teh tong egois, ingat rasa peduli itu ga harus bernilai besar, ya lakukan mulai dr hal-hal kecil, rasa peduli sayapun ga besar,.rasa peduli saya masih rusak, saya cuma bisa berbagi informasi saja..but .,, . no problem yang penting ikhlas daripada tdk berbuat sama sekali.

Kalian tuh udah gede, jangan berpikir bloon, kalian udah dewasa udah tumbuh berbagai rambut di badan kalian,. malu dong kalau paradigmanya tidak update, bisa-bisa kita di bodohi dan dikadali sama orang lain,.terkadang ada juga yang gengsi buat berpikir seperti orang tua,.cuiihh pemuda macam apa punya rasa gengsi berpikir seperti orang tua,.bagus tau itu tuh, karena pada umumnya orang tua itu lebih bijak, makanya contoh mereka dari semua perangainya.

saya jamin kalau anda egois suatu saat anda akan dikuasai orang lain. pasti itu😦

Jangan mau disuapin terus sama org lain, noh liat anak muda sekarang sudah disuapin budaya liberal, gaya disuapin, teknologi disuapin bahkan sikap dan pemikiranpun disuapin,.harusnya meski kita ga bisa nyuapin orang lain,. minimal kita disuapin tapi kita mikir, jangan enak2 aja!. Pantesan anak muda kita kalah sama anak muda di luar negri, mereka lebih kritis, anti gensi, luwes, berpikir bebas dan mandiri serta tidak egois dengan mengandalkan fasilitas. makanya buat para pemuda masa kini yang suka GENGSI makan tuh gensi derita loo..

Saya harap kita, saya dan anda sebagai pemuda,. mari kita tingkatkan paradigma kita, peka terhadap lingkungan, tinggalkan gensi, perkuat keislaman kita dan selalu senyum tanpa galau.

    • Sri
    • October 23rd, 2012

    Wihhh keren..
    Mantap..🙂

    Calon Ortu bijak nih.. hhe

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: