WASPADAI Spyware !!!

Oleh : Aris Salman Faris

Ko Spyware, makhluk apa itu?

Spyware,. hmm bagaimana program perusak itu mempengaruhi komputer kita?

Spyware adalah semua jenis piranti lunak berbahaya (malware) yang diam-diam mengumpulkan informasi pengguna melalui koneksi internet korban tanpa sepengetahuan yang bersangkutan. Waduh serem juga ya😦 .

Spyware biasanya masuk pada komputer teman-teman sebagai komponen tersembunyi dari program gratisan (freeware) atau shareware yang biasa di download  dari Internet (makanya hati-hati tuh kalau download, apalagi download *.xxx :p).

Sebenarnya Spyware juga tidak semuanya berbahaya dan merusak sistem korbannya, namun dapat berdampak pada performa komputer yang ditempeli program tersembunyi ini mungkin agak terganggu sedikit dan membuat komputer teman-teman tidak nyaman.

Lalu Elf Bowling, makhluk apalagi nih?

Dahulu kala banyak pengguna internet (terutama di Amerika Serikat) pertama kali kenal spyware ketika pada tahun 1999, sebuah permainan gratisan berjudul “Elf Bowling” cukup populer dan banyak didownload, yang tentu saja di dalamnya ternyata ada piranti lunak tersembunyi yang kemudian dikenal sebagai spyware atau program mata-mata.

Umumnya, begitu spyware terinstal, dia akan memonitor dan mulai mengumpulkan informasi tentang aktivitas teman-teman di internet, yang kemudian mengirimkan informasi tersebut kepada orang lain (pemilik program) tanpa seizin teman-teman. Dalam kasus game gratisan tadi, informasi pengguna dikirim ke pengembangnya. Hmm..berbahaya nih…

Walau kebanyakan spyware digunakan untuk tujuan beriklan setengah paksa (adware), beberapa ada yang digunakan untuk mengumpulkan informasi pribadi dan sensitif dari pengguna komputer seperti alamat surel (email), kata sandi, dan bahkan nomor kartu kredit.

Mengingat spyware adalah sebuah aplikasi independen (bisa berjalan sendiri), maka dapat dapat memiliki kemampuan untuk:

  • Memonitor pengetikan di keyboard
  • Memindai file dalam harddisk
  • Mengubah pengaturan di komputer
  • Mencuri informasi dari aplikasi lain seperti dokumen dan program obrolan
  • Membaca cookie
  • Menginstal aplikasi spyware lainnya
  • Dan masih banyak kemungkinan lain yang dapat terjadi pada komputer yang telah terjangkit Spyware

Selain itu, spyware juga sering menghabiskan sumber daya memori komputer dan bandwidth untuk mentransfer data pribadi teman-teman kepada pengembang melalui koneksi internet. Itu sebabnya komputer atau jaringan komputer yang telah terinfeksi spyware sering mengalami kerusakan atau secara umum tidak stabil.

Hal yang bisa temna-teman curigai pada sistem komputer atau sistem jaringan yang teman-teman pakai sudah tertempel spyware, ada sejumlah perangkat yang bisa teman-teman dapatkan di internet untuk penangkalan hal ini. Tapi hati-hati karena siapa tahu di dalamnya juga ada spyware, lagi lagi spyware lagi lagi spyware…

Senantiasa WASPADA dan WASPADA akan kehadiran Spyware pada komputer temanteman.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: