Mencari Cinta di Situs Kencan

Oleh : Donny BU – ICT Watch – detikinet

Apakah etis dan normal bergerilya mencari pasangan di situs kencan? Apa plus minus dari layanan ini ?

Etis atau tidaknya dalam mencari pasangan, pacar ataupun teman kencan di Internet, tentu ukurannya adalah tergantung pada niatnya. Jika memang tujuannya memang baik dan dilakukan dengan cara yang baik pula, tentu sah-sah saja mencari pasangan di Internet.

Dan kalau ditanyakan normal atau tidak tentu saja hal tersebut sangat normal, wajar dan masuk akal. Memang yang kemudian harus diwaspadai adalah banyaknya aksi penipuan yang menggunakan kemudahan komunikasi bermediasi komputer (dan Internet) dalam konteks Love Hunting tersebut.

Misalnya saja ada sejumlah kasus dimana seseorang yang dijanjikan atau diiming-imingi sesuatu oleh pacar yang baru dikenalnya di Internet, dan kemudian bersedia mengirimkan uang hingga habis-habisan hingga akhirnya si pacar tersebut tiba-tiba menghilang entah kemana dan tak dapat dihubungi lagi.

Memang di Internet, kita harus skeptis. Kata kuncinya ‘Trust No One‘. Mencari pasangan melalui situs kencan (matchmaker) yang memiliki reputasi baik, memang dapat membantu meminimalisir potensi kerugian materil atapun imateril dari pihak manapun.

Meskipun demikian, kunci keselamatan dan kenyamanan diri adalah pada diri kita sendiri. Sebab tak ada yang bisa menjamin 100% bahwa profil diri yang dipasang oleh seseorang di sebuah situs kencan adalah benar-benar menggambarkan jati diri sesungguhnya. On The Internet, Nobody’s Know You’re Dog.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: