Makanan-Makanan Pembuat Awet Muda

Oleh : akuinginsukses.com

Tidak seperti biasanya, kali ini saya mencoba membawakan artikel tentang makanan kesehatan. Tapi tunggu dulu, bukan berarti saya adalah seorang ahli gizi lho. Saya pun baru belajar mengenai makanan kesehatan Harapan saya, dengan menulis artikel ini, selain saya bisa membagikan informasi yang bermanfaat untuk anda, secara tidak langsung saya juga belajar mengetahui apa saja makanan kesehatan berikut fungsinya. Jadi bahannya 100% murni saya ambil dari luar, saya comot dari berbagai macam sumber dan saya rangkum menjadi satu.

Oke, inilah dia ….

Makanan yang anda makan layaknya bahan bakar pada kendaraan anda. Jika kendaraan anda selalu diisi bahan bakar pertamax plus, selain lebih bertenaga, mesin pun akan jauh lebih awet. Sama halnya dengan apa yang anda makan, akan memiliki dampak yang luar biasa besar pada performa tubuh anda. Anda memperhatikan makanan anda, alhasil umur anda akan bertambah panjang. Dibanding anda menghabiskan banyak uang untuk produk awet muda (anti aging) yang meng-claim dapat dengan ’ajaib’ memperlambat penuaan …. hmmm… saya sendiri berpendapat sesuatu yang alami (makanan yang kita makan) akan jauh lebih baik, karena diproses dan dihasilkan dari dalam tubuh sendiri.

Ada banyak makanan yang dapat menjaga kesehatan anda dan sekaligus melindungi anda dari penyakit mematikan seperti kanker, dementia dan osteoporosis. Makanan tersebut juga membantu mengurangi lemak pada tubuh anda. Seperti anda ketahui, kelebihan berat badan memperbesar rasio umur pendek. Saya bukan ingin menakuti-nakuti sebetulnya karena ini sudah menjadi pengetahuan umum. Sebuah penelitian mengatakan bahwa berat tubuh yang berlebih apalagi di usia senja dapat menyebabkan anda terkena resiko serangan jantung. Lembaga kanker di Amerika memperkirakan masalah berat badan telah mengakibatkan 90.000 orang meninggal setiap tahunnya.

Berikut adalah makanan-makanan tersebut :

Bawang putih

Bawang putih memang dapat menyebabkan kencan anda menjadi tidak menyenangkan (dari bau mulut yang ditimbulkan) :) , namun bawang putih menjadi idola para koki untuk menambah cita rasa pada masakan dengan tanpa menambah kalori. Adalah allicin, zat yang bertanggung jawab terhadap bau dan rasa dari bawang putih tersebut. Di sisi lain, allicin menjadi antioksidan yang sangat ampuh. Sebagaimana anda ketahui, antioksidan merupakan faktor yang sangat penting untuk membuat anda awet muda.

Bagaimana bawang putih dapat menjadi antioksidan yang sangat ampuh? Penelitian mengatakan bahwa mengkonsumsi bawang putih dapat merangsang tubuh untuk menghasilkan lebih banyak hydrogen sulfide (senyawa antioksidan alami tubuh), mengendurkan pembuluh darah dan melancarkan peredaran darah.

Dr. David W. Kraus, seorang professor biologi dari Universitas Alabama dan juga penulis banyak artikel tentang manfaat bawang putih, menyarankan untuk menghancurkan bawang putih terlebih dahulu dan mendiamkannya selama 15 menit sebelum dimasak. Hal ini dilakukan agar kasiat bawang putih dapat berfungsi secara optimal.

Telur

Sebetulnya makanan ini menjadi musuh orang-orang yang sedang berperang melawan lemak dan kolesterol, dan sebagian menyebutnya sebagai makanan yang tidak sehat. Namun dibalik segala anggapan negatif tentang telur, telur memiliki 9 asam amino penting dan 6 gram protein sehat yang terkandung dalam setiap telurnya. Telur juga mengandung lutein (membantu mencegah degenerasi macular , yaitu suatu kondisi medis yang dialami oleh orang dewasa dimana terjadi penurunan penglihatan karena kerusakan retina), zeaxanthin (baik untuk mata dan membantu mencegah katarak) dan choline (penting untuk otak dan sistem saraf). Telur juga tergolong sebagai makanan yang secara alami mengandung vitamin D (jarang sekali makanan yang didalamnya terkandung vitamin D).

Untuk meng-counter anggapan negatif sebagian masyarakat tentang telur, sebuah penelitian terakhir dari Harvard School of Public Health menunjukkan bahwa sebetulnya tidak ada korelasi antara mengkonsumsi telur dengan serangan jantung.

Blueberries

Pigmen yang terkandung dalam blueberries merupakan penangkal stress yang cukup ampuh. Sebagaimana anda ketahui bahwa stress akan membuat anda tidak awet muda atau dengan kata lain, mempercepat proses penuaan. Pigmen tersebut juga membantu otak dalam memproduksi dopamine, yang berguna dalam merangsang kebahagiaan, penguatan ingatan dan koordinasi. Penelitian menunjukkan bahwa ½ cangkir blueberries setiap hari sangat efektif untuk memperbaiki penurunan ingatan dan koordinasi sel-sel saraf otak.

Bayam

Bayam – sayuran yang mungkin dapat membuat anda muntah ketika anda masih kecil namun juga dapat membuat Popeye menjadi sangat kuat :) – adalah sayuran yang sarat dengan antioksidan dan juga mengandung zat yang dapat memerangi kanker seperti sulforaphane, beta carotene, vitamin C dan fiber. Bayam juga telah diteliti oleh ilmuwan Australia, dapat meningkatkan ingatan anda.

Brocoli

Jenis sayuran lain yang kaya akan zat antioksidan adalah brocoli. Brocoli tergolong dalam rumpun tanaman yang sangat membantu tubuh dalam memerangi racun dan kanker. Untuk mempertahankan enzim-enzim penting dalam brokoli, beberapa ahli nutrisi menyarankan untuk mengkonsumsi brokoli dalam keadaan masih segar (mentah) atau setidaknya dimasak dengan cara dikukus.

Brocoli juga merupakan jenis tanaman yang kaya akan kalsium, dimana kalsium sangat dibutuhkan untuk mencegah osteoporosis dan membantu penyerapan vitamin D.

Ikan Salmon

Anda mungkin sudah sering mendengar bahwa ikan amis seperti salmon dan tuna sangat berguna untuk membantu mencegah serangan jantung dengan cara membuat pembuluh darah ’dilumasi’, sehingga aliran darah menjadi lancar. Salmon juga kaya akan kandungan Omega 3, yaitu zat yang sangat dibutuhkan dalam perkembangan otak. Omega 3 juga sangat baik untuk kesehatan karena fungsinya untuk mengurangi kelebihan berat badan, memperbaiki mood dan menyehatkan kulit. Sehingga salmon dan tuna sering menjadi konsumsi orang-orang yang sedang melakukan diet.

Ok, semoga artikel makanan pembuat awet muda ini dapat menjadi referensi dan menambah pengetahuan baru bagi anda tentang makanan-makanan kesehatan.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: